TANAMAN HERBAL INDONESIA BANGETTTTT LHO!!!!!!!!

Negara indonesia merupakan negara yang sangat berutung ,karena letak geografisnya ,serta keadaan alam yang terdapat banyak gunung berapi juga mempunyai iklim tropis ,makanya dinegara ini banyak terdapat TANAMAN HERBAL yang banyak macamnya.

Hampir seluruh kawasan atau wilayah indonesia terdapat gunung berapi,yang bila meletus bekas letusannya akan menggakibatkan kesuburan tanah yang luar biasa,serta ikilm yang tropis sangat menunjang kehidupan beraneka macam tanaman herbal di seluruh penjuru Indonesia ini,di bawah ini sebagaian contoh kecil tanaman herbal (obat ) yang terdapat di Indonesia:


  • TEMU LAWAK,temu lawak merupakan salah satu tanaman oabat yang ada di Indonesia,ciri dari tumbuhan temulawak yaitu:
  1. DAUN  ciri daun tumbuhan temu lawak  berwarna hijau agak keunguan yang terang panjang daunnya bisa sampai 31 cm - 84 cm dan lebar 10 cm - 15 cm ,panjang tangkai daun sekitar 43 cm samapai  80 cm bentuknya mirip pelepah daun pisang,tumbuhnya di sekitar kebun.
  2. BATANG ciri batang temu lawak batang pohon ini bisa sampai 1 m batangnya semu,kenapa semu karena berbentuk seperti pelepah daun yang tegak saling tumpang tindih warna hijau tua, rimpangnya sempurna dan bercabang kuat .
  3. BUNGA  ciri dari bunga tanaman temu lawak yaitu warnanya kuning tua,berbentuk unik dan bergerombol bertampilan garis -garis seperti sisik.berbentuk garis panjang ,kelopak  berwarna putih  bebulu, mahkota nya seperti tabung
  4. BUAH ,buah atau daging rimpang warnanya jingga tua ,beraroma tajam dan rasanya pahit. 


 kandungan dari tanaman temu lawak

buah rimpang dari temu lawak ini mempunyai beberapa senyawa kimia seperti fellandrean dan turmerol.dengan kata lain minyak menguap,kemudian glukosida,foluymetik karbinol serta kurkumin yang sangat bagus untuk anti radang dan  anti racun hati (hepototoksik.karena banyaknya senyawa yang terdapat di temu lawak ini maka sebagian tukang atau produsen jamu di indonesia banyak menggunakannya.


  Untuk manfaat temulawak
        

      - obat jerawat.
   
      - mengobati pencernaan .

      -meringankan osteoarthritis.

      - mengatasi penyakit kaker

      - untuk penderita sakit limfa.

      - sakit ginjal.

      - sakit pinggang.

      - penyakit asma.

      - masuk angin dan sakit kelapa


cara penggolahnya bermacam - macam cara,pabrikkan juga ada cara tersendiri untuk penggolahan temu lawak ini,untuk yang sederhana konsumsi kita sehari dan masih alami dengan cara si akar rimpang di tumbuk di tambah air lalu hasil penggodokan kita saring ,dan siap kita konsumsi demi kesehatan kita sendiri.


JAHE ( ZINGIBER OFFICINALE )



JAHE merupakan atau tergolong juga tanaman obat  jahe pun terbagi menjadi  3 jenis atau golongan menurut ukuran dan warnanya yaitru :

  1. jahe putih /kuning besar ,rimpangnya berbentuk cukup besar dan gemuk ,jenis jahe ini  ini di konsumsi baik jahe umur masih muda ataupun  sudah tua. baik secara langsung mauoun secara di olah dulu.
  2. jahe putih /kuning kecil yang disebut jahe emprit,namun meskipun jahe ini ukurannya kecil namun khasiat atau kandungannya lebih bagus daripada jahe besar tadi.
  3. jahe merah rimpangnya berwarna merah dan ukurannya pun lebih kecil lagi dari jahe emprit tadi jahe kecil dan jahe merah di panen setelah jahe berumur tua,kandung minyak atsirinya supaya banyak cocok buat ramuan obat - obatan

Manfaat dari tanaman jahe ini adalah,rimpang jahe dapat di gunakan sebagai bumbu masak ,karena bisa sebagi pemberi aroma dan rasa  pada makanan seperti kue ,dan berbagai minuman,olahan minyak wangi,industri per jamu an,atau bisa di pakai sebagai campuran badrex,sekoteng,tapi ada juga yang memakai jahe ini sebagai alat semprot peptisida alami.


Adapun manfaat jahe untuk segi pharmakologinya sebagai peluruh kentut (karminatif ),anti muntah,peredang kejang,anti penggeras pembuluh darah juga anti infl;amasi,antik rematik juga bisa di dapatkan pohon jahe ini,

tanaman jahe ini sangat mudah tumbuh dan cepat perkembangannya serta orang tidak tahu
 dengan manfaat yang besar dari tumbuhan ini yang sebagian kecil suka di buang  atau di matikan pertumbuhan tanaman jahe ini

 besar harapan saya supaya  para pembaca sekalian tahu dan mengerti dengan keadaan ini,demikian lah yang bisa saya uraikan tanaman herbal indonesia banget lhoooo