Cara merawat kenari kesayangan kita


Cara merawat kenari kesayangan kita,sebelumnya saya telah bahas mengenal burung kenari dan makanannya,untuk sekarang saya akan mencoba menyampaikan cara perawatan untuk burung kenari kesayangan anda.

Pertama- tama kita siapkan sangkarnya,sangkar yang ideal untuk kenari adalan 30 -40 cm,tinggi 80 cm,kenapa harus demikian? Karena bila sangkar kita bikin memanjang ini akan membuat burung kenari bisa lebih nyaman dan bebas bergerak,dan sebaiknya anda siapkan pangklirangan atau tempat kaki burung yang ada hamplasnya,tujuannya supaya si kuku burung tidak bisa memanjang,kalau kuku kaki pajang akan kelihatan kurang sempurna penampilan burung dan menggangu aktifitas burung itu sendiri.
namun apabila udah terlanjur panjang kuku kakinya bisa anda potong dengan potongan kuku ( jangan sampai kena urat yang berwarna merah, karena akan berdarah dan burung kenari akan kesakitan.

Kebersihan,burung kenari jenis ini paling sensitif dengan kotoran,karena bila sangkar kotor maka akan menggakibatkan kaki si burung akan jamuran,kalau sudah begini burung kenaripun akan berkurang bunyinya.jadi usahakan anda membersihkan sangkar setiap hari.

terserah ada waktunya anda,mau pagi atau sore,atau malam sekalipun tidak apa- apa.

Cara merawat burung kenari,burung kenari adalah burung yang mudah untuk memeliharanya,namun untuk menghasilkan kenari yang super anda juga merawatnya harus ekstra,
untuk memandikan burung kenari,sebaiknya anda lakukan setiap hari,kalau anda banyak waktu atau tidak bekerja,sebaiknya memandikan kenari anda lakukan jam 9 pagi,sesudah ada sinar matahari, lalu selesai itu anda jemur kenari anda,selama 1,5 jam,lalu kasih makan sekitar 30 menit tutup rapat2 kenari anda dengan kain penutup sangkar.


Didalam proses ditutup si burung kenari anda kasih setel bunyi kenari master lewat handpone atau pun tape recorder.ini akan membantu kenari anda makin gacor dan kaya suaranya.


Untuk pemberian makan kenari,anda tidak boleh terlalu banyak jumlahnya,karena akan menyebabkan ke gemukkan,kalau kenari sudah gemuk dia akan malas bunyinya.


Dan bisa lebih parahnya akan melemak tubuh kenari anda,bila sudah terjadi begini,kenarikan akan diam dan tidak mau bunyi,untuk menggobatinya bisa di lakukan dengan cara,

berikan makanan hanya berupa sayuran saja,dan jemur kenari anda ber jam- jam, untuk menghilangkan lemak yang berada di tubuhnya.

Untuk menyimpan kenari anda supaya bunyi terus,si kenari jatan jangan di kasih lihat betina,karena si jatan bakal tidak mau bunyi,ini juga bisa terjadi kalau kenari jantan  lihat kawan jenisnya.mereka pun,sulit berbunyian.