Cara budidaya anggur dengan stek



      Cara budidaya anggur dengan stek,sebenarnya cara ini lebih mudah dan efisien di bandingkan dengan biji,persentase untuk jadinyapun hampir 99%,sebelum melangkah lebih jauh mari kita bahas apa sich stek?tahukah anda dengan istilah stek?
  Stek pastinya sering kita mendengarnya,stek berarti menanam dengan cara menanam dengan atau batang dari pohon itu.
    Cara stek ini sudah banyak di lakukan oleh para petani, seperti menanam pohon mangga,singkong,anggur,dan masih banyak lagi.tapi banyak juga yang melakukan dengan cangkok dan biji.
     Cara stek budidaya anggur mempunyai beberapa tahapan dan langkahnya diantaranya:
1.siapkan bahan
Bahan di sini yang kita butuhkan antara lain,:
         - Wadah keler bekas atau kaleng
           bekas.
         - Bibit anggur atau dahan anggur.
Setelah kita siapkan bahan ini,baru kita mulai cara budidaya anggur dengan stek,
Keler yang telah kita siapkan tadi isi dengan air jangan terlalu penuh 3 cm di bawah permukaan keler saja,terus kita masukkin dahan anggur yang telah kita potong.


Dahan anggur, supaya kita mendapatkan bibit yang bagus haruslah kita pilih pohon dengan buahnya yang bagus juga,dan untuk pemilihan dahan yang akan kita pakai,haruslah dahan yang sudah tua,dan ada cabang kecil yang nantinya akan tumbuh pohon baru.


Masukkan dahan anggur yang kita pilih tadi kedalam air yang telah kita siapkan biarkan sampai beberapa hari, pastinya akan tumbuh daun anggur baru, atau bibit anggur yang baru.
Setelah kira- kira bibit anggur tadi udah cukup kuat untuk di pindahkan ke lahan tanah, segera pindahkan bibit anggur itu,gak usah di pot langsung di lahan saja,kasih kayu atau semacamnya untuk
merambatnya si pohon anggur tadi ke atas,karena pohon anggur termasuk jenis pohon yang merambat.


Cara supaya pohon anggur kita banyak buahnya yaitu dengan cara kita harus rajin memotong daunnya sebab bila,daun tidak di potongan bunga yang akan jadi buah anggurpun tidak akan tumbuh,pohon atau dahannya aja yang semakin menjalar kemana - mana,sedang buahnya cuma sedikit saja.


Cara supaya mendapatkan buah anggur yang manis sederhana dan mudah yaitu dengan siramlah pohon anggur anda dengan air bekas ikan mas.

Setelah kita bahas ini saya penulis mempersilahkan kepada anda untuk memilih budiya pohon anggur dengan metode biji,apa dengan cara budidaya anggur dengan stek? Terserah anda sekalian.pilihlah cara yang memudahkan anda saja. Terimakasih.