CARA BIJAK PELIHARA BURUNG





apakah hobi anda pelihara burung?terutama pencinta burung jenis kicau,memang dalam memelihara burung suatu hobi yang positif,dan dapat juga jadi penghasilan pokok anda,hobi yang akan kita tekuni pasti akan membuahkan hasil yang luar biasa,dalam memelihara burung pastinya kita pernah  mengalami kegagalan dan kekecewaan,disini saya akan membahas cara bijak pelihara burung,ini berangkat dari sumbersumber yang pernah gagal dalam memelihara burung.


banyak jenis burung yang di indonesia ini dan bunyinya begitu indah,bila amda ingin belajar memelihara burung sebaiknya ada beberapa hal yang harus anda ketahui misalkan

- jenis burung. ini adalah langkah awal kita supaya sukses dalam memelihara burung,maksudnya kalau anda punya cukup banyak waktu dirumah ,anda bisa pelihara burung pemakan jakrik,kroto,atau semacamnya.
 karena jenis burung ini bila kita telat dalam kasih makan jakrik atau krotonya,di karenakan kita sibuk beraktifitas kerja,maka burung ini pun akan kursng bagus bunyinya,jinis burung ini termasuk burung yang memerlukan perawatan ekstra  kalau tidak ,kematianlah yang akan terjadi.misalkan: ciblek,prejak,kacer,murai ,anis cacing dan sejenisnya.


- aktifitas kita atau waktu kita sendiri untuk menggurus burung ada gak,bila waktu kita cuma sebatas pagi dan sore aja,saya saran kan anda pilih pelihara burung yang kuat stamina aja,seperti : love bird,kenari,kutilang,crocokan,jalak,iya,sebab jenis burung - burung ini mudah mati,alias perawatan nya tidak berambe.

-keuangan ,keuangan juga merupakan aspek yang harus kita perhatikan,kenapa?bila kita pingin pelihara burung kesukaan kita ,kita harus sudah punya perhitungan uang yang tepat,karena pelihara burung pasti akan mengeluarkan biaya,kita harus  punya perhitungan khusus supaya hobi pelihara burung kita jangan sampai menggangu resiko dapur kita,karena bila kita kurangi resiko dapur cuma anggarannya kita pindahkan ke burung kesayangan kita,tidak mustahil istri kita akan marah dan timbullah pertengkaran dirumah tangga kita. jangan sampai terjadi karena hobi rumah tangga jadi kandas ditengah jalan.


-tempat tinggal kita, ini merupakan aspek yang tak kalah penting,maaf sebelumnya bila kita hidup berkeluarga punya anak hidup di kota besar belum punya rumah,atau baru bisa ngontrak tempat tinggal,mending tahan dulu keinginan anda pelihara burung kenapa?ini maksudnya,bila kita ngontrak otomatis kontrakan kita kecilkan?karena kalau besar harganya juga mahal,belum tentu kita mampu membayarnya,.

 karena tempat tinggal yang kecil tadi ,ada istri,anak ,makanan ,dan lain -lain,padahal burung yang kelihatan sehat,belum tentu si burung tidak terkena virus atau penyakit yang bisa menular  kemanusia lewat udara,biasanya ini suka terjadi  bila si burung lagi ganti bulu,apalagi bila kandang burung jarang kita bersihkan,ahhhhh,sama aja membunuh anak kita yang masih kecil,karena anak kecil sangat rawan kena penyakit.


Baca juga:Cara beternak burung kacer

 itulah beberapa aspek yang harus kita ketahui dalam kita akan  memelihara burung,saya menyampai ini supaya kita bisa pilih bahwa hobi ini memang sudah pas dengan ekonomi dan keluarga kita. jangan hanya karena ingin menyalurkan hobi anda tapi malah berakhir dengan ketidak harmonisan keluarga anda..