Tip menghindari anda kecopetan

  Semua orang pasti tidak mau kecopetankan?apalagi kalau uang yang anda bawa sangat diperlukan pasti anda akan sangat kesal.
   Para pelaku copetpun semakin beraneka ragam,dan motif,juga trik-triknya,dan pelakunyapun bermacam- macam pula,ada anak-anak,ibu-ibu,remaja,dan bapak-bapak,maka sebaiknya anda lebih waspada.

Trik pecopetanpun ada beberapa cara,seperti berikut:
1.pura-pura nanya alamat, ini salah satu trik biasa di gunakan lebih dari satu orang,jadi salah satu pelaku ngajak kita ngobrol dan pelaku yang lainnya menggambil dompet kita.
2.pura -pura muntah- muntah,ini biasa di lakukan di angkutan umum pelaku pura2 mabuk kendaraan untuk menggalihkan perhatian anda,jadi saya sarankan bilamana ada kejadiaan seperti di atas didekat anda,mohon hati- hati aja anda dengan barang berharga anda.
3.pijam korek api,atau segaja menjatuhkan korek api ini cuma trik biar orang sekitar tidak curiga kepadanya yang sedang ngambil koreknya,padahal begitu dia berdiri dari dongkok tadi,dia sambil ambil dompet orang.
4.untuk yang terakhir ini,pelaku lansung melakukannya tanpa basa- basi,biasanya di tempat keramainnya, pelaku menempel terus dibelakang anda,dan begitu anda lengah,habislah harta yang anda bawa.

Setelah kita uraikan beberapa trik pelaku pencopetan,di bawah ini,penulis mau menyampaikan kiat- kiat supaya anda tidak kecopetan di antaralainnya:
  1.jangan terlalu memperlihatkan kalau anda sedang  banyak uang.
  2.usahakan jangan pergi sendirian kemanapun anda pergi.
  3.pisahkan uang dari dompet anda,maksudnya di dompet taruh aja uang secukupnya,dan banyak taruh di saku celana depan.
  4.kalau di tempat keramaian atau kerumunan taruh kantong di depan anda,jangan taruh kantong di belakang badan anda.
  5.selama dalam perjalanan atau di mana saja,anda harus selalu fokus dengan keadaan sekitar anda,jangan mudah tertipu trik-trik yang diatas tadi.
  6.teruslah waspada bila ada hal- hal yang mencurigakan,dan tetap tenang,bila anda sedang naik angkutan umum,ada hal yang mencurigakan,mending anda turun aja,ganti angkot.

Demikianlah saran - saran dari saya untuk menghidari anda kecopetan,semoga bermanfaat.