CARA TERNAK BURUNG KACER



Anda pencinta burung kicau?kalau ada seorang kicau mania pastinya tidak asing dengan burung satu ini,begitu indah kicaunya,dan cukup mahal harganya
.
   Untuk bakalan atau bibitnya aja memcapai kisaran harga 450rb,apalagi kalau udah gancor,akan menembus angka sampai 1,5 jt.namun apabila burung kacer pernah jadi juara,harganyapun bisa sampai puluhan juta.

     Setelah tahu harga burung itu,maka disini saya akan mencoba untuk berternak burung ini,disamping hobi,siapa tahu bisa nambah penghasilan saya,untuk cara berternaknya ini langkah2nya:
     1.pencarian bibit yang baik dan cukup umur.
     2.sangkar untuk perkawinan burung.
     3.makanan berkualitas dan bergizi.
     4.perawatan anak sampai dewasa.
Mari kita mulai untuk langkah pertama,didalam pencarian bibit,usahakan dapat dari peternak juga,mengurangi resiko gagal,pemilihan jantan dan betina burung kacer,kalau burung kacer jatan,warna bulunya hitam pekat,dan mengkilat,dari ujung kepala,sampai ekor,ada selap warna putih di sayapnya.sedangkan untuk betina,warna hampir sama,cuma pembedanya warna bulu di dada,yang berwarna abu2.

  Setelah memdapatkan bibit burung,kita siapkan kandang yang agak besar,supaya  burung lelusa dalam melakukan perkawinan nantinya.
   Untuk menggurangi resiko gagal,sebaiknya burung kita beri makana kelas 1,serta yang berprotein tinggi.

   Dalam perkawinan burung,sebaiknya adalakukan ini,mandikan kedua burung dengan sangkar terpisah,tapi jangan di jauhkan,justru dekatnya,supaya burung saling menggenal,dan jatuh cinta.
    Setelah satu minggu coba satuin betina dan jatannya dalam satu sangkar yang telah kita siapkan tadi,tapi dengan kita pantau terus,karena bila burung gak berjodoh,otomatis si betina akan di siksa oleh sang jantan sampai mati.

      Kalau udah jodoh,siapkan sarang,untuk bertelur burung itu.selama burung bertelur,makanannya jgn dirubah,telur akan menetas selama 14 hari,hitungan dari awal tdk bertelur lagi,telur burung ini paling banyak 2,

Setelah telur menetas,biarkan selama satu minggu,kalau udah satu minggu,ambil anak burung itu,dan kita harus ganti yang kasih makan anak burung itu dengan jalan di loloh.

  Ini di sarankan supaya induknya cepet kawin lagi,dan bertelur,beranak lagi,agar burung kacer kita cepet populasinya,sebab burung ini hampir sama dengan ternak kenari,cepat berkembang biaknya.semoga bermanfaat artike saya,terima komen dan kritikkannya.