CARA MENGAJARKAN ANAK BALITA ANDA

  Bagi anda pasangan muda,apa pasangan yang sudah punya anak balita tentunya anda pingin dan bahagia bila anak anda cerdas dan riangkan?
   Langkah pertama yang kita tempuh adalah,sayangi buah hati anda dengan sepenuhnya hati,kasih makanan yang bergizi dan berprotein tinggi.
  

   Bila ada waktu kunjungilah toko buku dan carilah buku pedoman bimbingan untuk buah hati anda.kebanyakan orang berfikiran menggajarkan anak balita di mulai dengan bahasa kosa kata,memang itu benar,tapi menurut saya bukan itu yang mudah di tangkap buah hati kita. Dibandingkan dengan kata- kata sebenarnya anak,atau semua hewan hidup lebih cepat meniru gerakan kita daripada kosa kata yang kita ajarkan kepada mereka,

Apalagi buah hati kita yang masih belia, dan daya tangkapnya luar biasa akan sangat cepat meniru gerakan kita daripada kosa kata yang kita ajarkan,seperti yang saya alami,usia anak saya 2 tahun,waktu itu pulang kerja,saya luangkan waktu sebentar buat anak saya,saya bilang gini,salim(jabat tanggan)  anak saya diam saja,baru saya ulurkan tangan dia langsung menyambutnya,1.berarti gerakan badan,saya kan.

Ke dua kalinya
saya coba lagi,"dede loncat,dede loncat 1,2,3!!! Seperti tadi anak saya diam saja,baru saya kasih contoh dengan gerakan loncat,spontan anak saya ikut loncat,sambil senyum bahagia.

Ke 3
Saya bereksperimen lagi,malamnya kita makan bareng,satu keluarga anak saya lihatin saya terus,saya bilang"  dede makan,? Si anak diam aja,tapi begitu saya pegang sedok,dia ikutin gerakan saya,lalu saya ambil nasi,dan masukin ke mulut saya,anak saya pun ikut semua gerakan saya dengan benar,luar biasa, dengan ini,saya berpendapat bahwa buah hati kita lebih cepat menangkap gerakan kita daripada kosakata kita,dengan catatan dukung dengan kosa kata ya,soalnya biar anak lebih komplit tahunya, bukan sekedar tahu gerakan tapi tidak tahu namanya apa.

Saya juga dulu sempat melihat di sebuah yayasan panti jompo yang sedang melakukan gerakan olah raga ringan,waktu itu sang intrukturnya(pembimbing) beri aba-aba dengan gerakan ini,1,2,3 gerakan tangan pengang pipi,suruh dia,tp sambil berkata begitu bukan pipi yang di pegang melainkan dagu,dan luarbiasa semuanya pun ikuti gerakan dia pegang dagu.

   Ini sangat lah membuktikan kepada kita secara nyata,bahwa gerakan lebih cepat di tangkap oleh kita daripada kosa kata,
   Untuk itu saya sarankan kepada anda bila mempunyai balita,ajarkanlah balita anda dengan gerakan- gerakan yang mengandung didikan yang positif,tidak mustahil anak anda akan lebih cepat menangkapnya,dan hati- hatilah anda bila kasih contoh atau gerakan yang bersifat negatif jangan di depan anak anda,seperti: 1.merokok
                       2.menyalakan api
                       3.melempar barang
                       4.memukul
                       5.pegang pisau
Semua yang diatas hanyalah sebagian kecil contoh yang saya harap hindarkan gerakan itu,bila anda menghendaki buah hati anda cerdas,sehat,dan ceria jangan lakukan itu.
Dan disini saya tulisankan beberapa hal positif atau gerakan yang bisa belajarkan kepada buah hati anda:
        1.biasakan anak anda lihat anda melakukan sholat.dengan demikian anak lama kelamaan akan ikuti gerakan anda,ini berarti anda telah menggajarkan ibadah.(ini untuk anak usia di atas 1,5 tahun,)
         2.ajak anak mandi bareng, terus lihat kepada anak,tatacara mandi,gosok gigi,ini ajarkan anak untuk hidup bersih dan sehat.
          3.lihatkan kepada anak bila anda sedang beraktifitas menulis,pasti anak anda akan ikuti apa yang anda lakukan,
Masih banyak hal- hal gerakan positif yang bisa anda ajarkan,saya cuma kasih contoh yang diatas itu saja,dan ada baiknya anda lakukan saran saya diatas tadi,bila anda punya balita,silahkan mencoba,dan saya senang bila artikel saya ini bisa membantu anda dalam mendidik dan menggajarkan buah hati anda.selamat mencoba.