Simak ini !!! 6 Dampak Buruk Gadget dan penanggulanganya

6 Dampak Buruk Gadget dan penanggulanganya - Bunda tahukah anda betapa bahaya Gadget untuk Tumbuh kembang anak kita,apabila anda memepunya anak usia di bawah 5 tahun,sebaiknya jauhkan anak anda dengan apa yang di namanya Gadget,karena bila kita bandingkan manfaat gadget buat anak kita daripada manfaat positifnya lebih banyak manfaat negatifnya .



Bunda kebanyakan orang tua akan memberikan gadget kepada anaknya supayanya anaknya diam ,daripada anak lari kesana - kesini atau berantakin mainan,kebanyakan orang tua memilih memberikan gadgetnya,dan tidak peduli dengan akibat dari gadget itu sendiri,berikut ini beberapa dampak buruk Gadget  dan Cara penanggulangnya menurut salah satu dokter dengan mengunakan risetnya.

6 Dampak Buruk Gadget dan penanggulanganya

-


Usia 0-5 tahun merupakan USIA KRITIS perkembangan anak. Anak di bawah usia 2 tahun butuh eksplorasi langsung dan interaksi sosial untuk mengembangkan keterampilan kognitif, bahasa, motorik, sensorik, emosional dan personal sosial.
  1. Faktor resiko bagi anak mengalami gangguan pemusatan perhatian. Neuron otak anak terbiasa dirangsang dengan media visual yang bergerak dan berganti dengan cepat sehingga otak terprogram untuk memproses informasi yang hanya butuh perhatiandalam waktu singkat.
  2. Anak hanya duduk berjam-jam tanpa aktivitas fisikdan tidak bersosialisasi dengan teman sebayanya serta bermain secara bebas untuk mengembangkan kreativitasnya.
  3. Konsumsi gadget dan televisi berlebih memicu berbagai masalah kesehatan seperti menurunnyakualitas tidur dan kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab tingginya angka obesitas pada anak. Massa lemak tubuh yang tinggi dan menonton TV > 2 jam sehari berhubungan dengan kurangnya massa tulang dan kandungan mineral tulang anak usia pra sekolah.
  4. Kesulitan dalam pengendalian diri terutama regulasi emosi, empati, keterampilan sosial dan pemecahan masalah.
  5. Kurangnya vokalisasi karena orangtua tidak banyak berbicara kepada anaknya. Anak belajar lebih banyak ketika orang berbicara langsung kepada mereka secara nyata. Terdapat 500 sampai 1000 kata-kata yang berkurang untuk setiap jam menonton TV ataupun bermain gadget.
  6. Kesulitan dalam memahami dan membedakan bahwa konten yang ada dalam televisi tidak sama dengan yang terjadi dalam kehidupan nyata karena anakbelum mampu membedakan antara fantasi dan realita.
Apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua?
  1. Mulailah berinteraksi dengan mengenalkan berbagai objek di sekitar anak sedini mungkin. Ajak anak bermain di luar rumah sehingga mengenal alam sekitarnya.
  2. Luangkan waktu bermain atau bercanda bersama anak, dimana anak bisa mendapat dukungan, pujian ataupun umpan balik yang positif.
  3. Membaca buku dalam bentuk cetak dan merangkai cerita bersama buah hati anda.
  4. Jadwalkan waktu atau area screen free yaitu saat atau tempat dimana tidak ada aktivitas menggunakan alat berlayar apa pun.
  5. Dampingi anak saat menonton televisi dan bermain gadget sehingga tetap terjadi interaksi dua arah antara orang tua dan anak.
Bagaimanakah pembatasan screen time untuk anak usia 0-5 tahun?

Sebuah lembaga profesional spesialis anak di AS telah mengeluarkan sebuah panduan berapa lama seharusnya anak berinteraksi dengan gadget/TV.
Anak usia 0-1,5 tahun sebaiknya TIDAK sama sekali berinteraksi dengan gadget/
Anak usia 1,5-2 tahun hanya boleh berinteraksi dengan gadget/TV jika ada pendamping dan pendamping harus menjelaskan konten yang ditonton anak.
Anak usia 2-5 tahun sebaiknya tidak lebih dari 1 jam dan tetap dibutuhkan pendamping.

sumber  oleh: dr. Cynthia Nurianti, SpKFR

Temukan juga di sini Jadwal dokter Lengkap semua rumah sakit di indonesia
Demikian info 6 dampak buruk Gadget dan penanggulangnya semoga artikel ini dapat berguna bagi ibu atau orang tua semuanya,apabila anda sayang sama anak anda ,sebaiknya mulai sekarang dan kedepannya batasi anak anda mengunakan gadget,selamat membaca!!!!!!