Cara paling pas menstimulasi gerak motorik bayi

Perkembangan gerak motorik si kecil sebenarnya di awali dari gerak refleks ( gerakan otomatis )sebagian gerak refleks  tersebut telah ada  sejak dia dalam kandungan dan bertahan  hingga bayi berusia sekitar 3 bulan,sejalan dengan pertambahan usia ,gerak refleks  tersebut berangsur akan hilang dan di ganti dengan gerak yang di sadari.

bayi,olah raga bayi.pendidikan balita,pendidikan dini,cara merawat bayi,bayi sehat,makanan bayi,mengenal bayi,bayi cerdas

Gerak motorik terbagi menjadi dua :


bayi,olah raga bayi.pendidikan balita,pendidikan dini,cara merawat bayi,bayi sehat,makanan bayi,mengenal bayi,bayi cerdas

  1. Motorik kasar,yang melibatkan ketrampilan otot - otot besar. (merangkak).
  2. Motorik halus ,yang melibatkan ketrampilan otot - otot kecil.seperti  menjumput benda kecil di lantai,penguasaan terhadap gerakan motorik ini akan tumbuh sejalan dengan kematangan semua fungsi anggota dan organ tubuh anak,khususnya otot dan sistem saraf,tetapi andapun punya andil dalam mengoptimalkan potensi sikecil ini,dengan cara sebagai berikut :

Cara paling pas menstimulasi gerak motorik bayi :
  • Menguatkan tangan dan bahu,baringkan sikecil di alas lembut,pegang kedua telapak tangan,rentangkan tangan kanannya lurus ke arah samping sejajar dengan bahu.lalu kembalikan ke tengah tubuh.ganti dengan tangan kirinya,lalu lakukan bergantian masing - masing 5 kali.lalu lakukan gerakan yang sama pada kedua tangannya secara bersama - sama.
  • Melenturkan sendi lutut dan menguatkan kaki. Dalam posisi berbaring ,pegang kedua tungkai kaki,si kecil,tekuk kaki kanannya ,dan bawa perlahan ke arah dadanya ,kemudian luruskan kembali,ganti kaki kirinya,lalu lakukan gerakan ini bergantiaan masing - masing 5 kali,lakukan gerakan yang sama pada kedua kakinya secara bersaman.
  • Menguatkan lengan ,leher dan punggung,masih dalam posisi berbaring pegang kedua tangan si kecil,perlahan -lahan,tarik kedua tangan si kecil hingga tubuhnya terangkat dan berada dalam posisi hampir duduk,kemudian kembalikan ia ke posisi lakukan gerakan  ini 5 kali
  • .https://hargakemarin.blogspot.co.id/ 
Beri si kecil kesempatan untuk menggerakan dan melatih anggota tubuhnya,dengan mentimulasi,dengan  ketrampilan  gerak tubuh bayi,Dengan menstimulasi atau pun  yang lainnya.
 Sampai pada tahapan belajar  menguasaisuatu kemampuan,mulai dar tengkurap dan  mengangkat tubuh keatas,duduk ,.kemudian  terangkat lah. demikian cara paling  pas menstimulasi gerak motorikbayi.
bayi,olah raga bayi.pendidikan balita,pendidikan dini,cara merawat bayi,bayi sehat,makanan bayi,mengenal bayi,bayi cerdas