10 LANGKAH MUDAH BERKEBUN DI HALAMAN RUMAH

10 langkah mudah berkebun di halaman rumah - ,merupakan cara untuk kita memanfaatkan lahan pekarangan rumah kita yang bisa berangkat dari hobi menjadi menambah penghasilan atau bisa juga mengurangi penggeluaran kita.


jenis sayuran,macam tumbuhan sayuran,cara menanam,macam pupuk,benih sayuran,harga benih
Adapun langkah yang bisa kita persiapkan sebelum berkebun adalah sebagai berikut;

1 .Mengevalusi halaman rumah kita,maksudnya adalah karena tanaman bisa tumbuh besar dari bantuan sinar matahari maka sebaiknya kita memilih tempat didepan,samping,atau belakang yang intinya terkena sinar matahari sampai sore,karena ini sangat penting untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman kita.

2.Memilih jenis sayuran dan benih,disini kita harus pintar - pintar memilih jenis tanaman atau sayuran yang pas dengan lahan yang ada di sekitar kita.jangan sampai kita malah salah pilih tanaman sayuran yang merusak keindahan halaman rumah kita,dan tidak berguna sayuran itu untuk kita.

3.Menentukan media tanam,bila kita punya tanah halaman yang cukup luas kita bisa tanam langsung di permukaan tanah,karena hasilnya akan lebih maksimal,namun bila lahan kita sempit kita bisa menggunakan media pot,atau keranjang belanjaan ,atau yang lainnya yang bisa di gunakan.

4.Melengkapi peralatan bercocok tanam,ini kita perlukan sebagai perawatan terhadap tanaman yang yang telah kita tanam tadi.

5.Mengenal media tanah,karena disini kita harus bisa memilih tanah yang bagus ,yang subur,yang dapat menyuplai makanan bagi tanaman kita tadi.

6.Mengenal pupuk,kita di wajibkan mengenal pupuk karena selain makanan dari atau yang telah disediakan oleh tanah yang subur tadi,tumbuhan juga memerlukan vitamin atau makanan yang dari luar,supaya tidak gampang tersentuh oleh hama.

7.Mengenal tanaman,sebelum kita menanam tanaman kita ,adabaiknya kita kita mengetahui berbagai macam jenis tanaman sayuran,

8.Mengenal benih,dalam pemilhan tadi kita harus pandai -pandai dalam memilih benih,harus sesuai dengan keperluan kita.

9.Cara memindahkan bibit kita harus melakukannya ini dengan pelan -pelan supaya benih yang sudah tumbuh tidak akan mati.

10.Perawatan dan pertumbuhan ini merupakan langkah yang kita ambil,karena semua mahkhuk hidup memerlukan perawatan supaya tumbuh menjadikan kita puas,seperti dengan cara berikut ini :
  • Pembenihan ,langkah awal menanam sayur jenis apapun pasti melalui proses pembenihan,benih tidak berasal dari biji saja,juga batang,akar,dan daun.
  • Penyiraman semua atau setiap tumbuhan memerlukan penyiraman dan setiap tanaman punya batas tertentu,jadi kita harus tahu ukuran air untuk tanaman sayuran kita,supaya tidak mati.
  • Perawatan,dilakukan supaya tumbuhan bisa berkembang biak ,daun tidak terlalu rapat dansirkulasi udara bagus buat tumbuhan.
  • Pemupukan selama masa pertumbuan sayuran memerlukan zat makanan yang cukup jadi kita tambah dengan pupuk,setiap tumbuhan sayuran punya takaran masing- masing jadi harap di perhatikan.
jenis sayuran,macam tumbuhan sayuran,cara menanam,macam pupuk,benih sayuran,harga benih
Demikan cara atau 10 langkah mudah berkebun,selain sebagai penghijauan di halaman kita juga akan sedikit membantu kita dalam belanja dapur,selain itu hasil panen sendiri lebih terjamin tingkat keamanannya untuk di konsumsi oleh tubuh kita.