CARA PAKAI PANCI PRESTO AMAN DAN NYAMAN

CARA  PAKAI PANCI PRESTO AMAN DAN NYAMAN

Tidak sedikit ibu- ibu yang mempunyai panci presto tapi takut untuk memakainya di karenakan takut,kenapa takut? iya karena tidak tahu cara memakainya ,banyak sekali aneka resep makanan yang harus menggunakan panci presto ini seperti bebek presto,bandeng presto,ketupat presto, dan masih banyak yang lainnya,namun sebelum memakai panci presto banyak pertanyaan yang ada dalam pikiran ibu - ibu,aman gak ya ? gimana nanti kalau meledak? Bagaimana cara pakai panci presto aman dan nyaman?



Panci presto merupakan sebuah peralatan dapur yang berguna membantu ibu- ibu dalam perkerjaan dapurnya seperti memasak daging,karena dengan menggunakan panci presto daging akan lebih cepat matangnya serta empuk dagingnya  dan tidak menghilangkan gizi dan vitamin yang terkandung didalam daging itu.alat masak ini juga disebut pressure cooker karena alat ini sistem kerjanya menggunakan bantuan uap yang bertekanan tinggi,inilah hasil dari uap yang bertekanan tinggi ini akan menimbulkan bunyi gingiiiiiiiiiiiiii yang cukup keras dan menimbulkan perasaan was- was, atau takut meledak.padahal tidak akan meledak apabila kita ikuti tata cara pemakaiannya menurut brosur yang biasanya terdapat di dalam panci presto ini.




MANFAAT PANCI PRESTO

  1. MASAK DAGING LEBIH CEPAT
  2. MAKANAN LEBIH SEHAT 
  3. EFISIEN DAN HEMAT
  4. KANDUNGAN GIZI MAKANAN TERJAGA
  5. MULTIFUNGSI
  6. PERAWATANNYA SIMPLE

CARA KERJA PANCI PRESTO

Sebelum kita menggunakan panci presto sebaiknya kita harus tahu atau paham dengan cara pakai panci presto  karena luar biasa manfaat yang akan kita dapatkan dari memasak menggunakan panci presto ini,sederhananya cara kerja panci presto seperti ini,bila dibandingkan dengan panci biasa ,panci presto memiliki tutup yang sangat rapat sehingga uap hasil pemanasan tidak akan keluar akan tetap terkumpul dalam unit panci,sehingga suhu dalam panci akan sangat panas yang sempurna dan mikro organisme atau bakteri yang masih hidup dalam panci biasa ,akan mati bila kita memasak menggunakan panci presto ini ,karena panasnya sangat sempurna.

untuk teknis penghematnya panci presto dibanding dengan panci biasa lebih hemat hampir 70 % misal kita masak pakai panci biasa ,waktu yang diperlukan hampir 1 jam,tapi bila masak pakai panci presto dalam 30 menit masakkan kita sudah siap di hidangkan,serta kandungan gizi dan nutrisinya jarang berkurang atau hilang,karena raparnya tutup dari panci presto ini.


CARA PAKAI PANCI PRESTO AMAN DAN NYAMAN Seperti ini.
  • Persiapan dulu sebelum memasak ada dua model panci presto yang bisa kita dapatkan ,jenis pertama adalah panci presto model "jinggel top yang maksudnya dimana model panci ini tekanan regulatornya berada di atas pipa vebtilasi atau udara terdapat di atas ada lubang kecil itu maksudnya.
  • model kedua yaitu panci presto tertutup menggunakansistem tertutup dan menggunakan katup pegas,,sebenarnya tidak jauh beda cara kerja dan hasilnya antara model pertama dan kedua ini.
Sebelum mengunakan panci perto sebaiknya periksa dulu dan pastikan kalau panci presto kita benar-benar bersih luar dan dalam.misal, panci tidak boleh ada sisa makanan atau kotoran didalam atau di sekitar tutup panci,panci juga tidak boleh penyok,periksa juga gasketnya ,gasket harus bagus dan tidak boleh rapuh atau retak ,bila retak atau rusak segara ganti dengan catatan harus sesui dan pas dengan lobangnya demi keamanan kita.

Namun bila kita menggunakan "jinggel top"model pnci presto yang pertama  ,periksa lubang ventilasi dan pastikan terbuka, untuk medel katup kita coba gerakkan katup bisa begerak bebas gak dan pastikan baut aman .(supaya tidak copot bila kita gunakan untuk memasaknya,


MEMASUKKAN BAHAN MAKANAN

Jangan lupa sebelum memasak panci presto pastikan sudah diisi air,batas minimal untuk jenis panci presto adalah satu gelas untuk model katup 1/2 gelas,waktu masak 20 menit'tapi kalau boleh saya sarankan air agak banyak supaya  yakin bahan yang kita masak bener - bener masak dan empuk danging yang kita masak,masalah air tergantung selera masing- masing tapi tidak boleh kurang batas ukuran minimal yang tadi diatas.
baca juga:http://www.arsashare.com/2016/12/wowtiramjamur-dan-yogurt-bisa-sembuhkan.html

Dalam memasak menggunakan panci presto ini bahan makanan  tidak boleh penuh total 2/3 dari kapasitas,karena harus ada ruang kosong untuk uap yang di hasilkan,bila masak bumbu atau masakkan yang menggandung kaldu atau sejenis buih makanan tidak boleh melebih kapasitas panci paling tidak 1/2 dari panci ini.supaya buih masakan kita tadi sampai kemana - mana.

Bila menggunakan tatakan tiga kita masukkan dulu tatakannya lalu airnya dan tumpangkan makaan di atas.

WAKTU MEMASAK PAKAI PANCI PRESTO

Jika tekanan telah tercapai sebaiknya kita kecilkan apinya supaya tekanan tetap stabil dan kita bisa melakukan riset untuk menghafal berapa menit yang diperlukan , bila kita masak masakan ini,seperti merebus daging sapi atau ayam kerena bila kita merebus terlalu lama maka yang akan terjadi adalah makanan kita akan terlalu lembek .

METODE MELEPASKAN  TEKANAN adalah sebaagai berikut

CATATAN; jangan membuka tutup panci presto kalau belum dingin si panci ini

baca juga :http://hargakemarin.blogspot.co.id/2017/09/ini-perbedaan-dapur-j7-pro-danj7-prime.html

 Cara 1.pelepasan secara alami,maksudnya setelah masakan kita sudah beres biarkan panci presto dingin sendiri kitar 20- 30enit.


 cara kedua yaitun dengan cara
 2.pelepasan tekan yang cepat yaitu dengan cara membuka dulu katup yang terdapat di panci presto kita,

Demikianlah sudah kita jelaskan  cara pakai panci presto aman dan nyaman