Cara dan resep Wedang ronde khas indonesia


Dahulu kala semasa kerajaan minuman wedang ronde sering di sajikan di pertemuan resmi kerajaan,atau sekedar keluarga besar kerajaan,minuman ini begitu nikmat dan tersohor,juga sangat baik bagi kesehatan,
jenis minuman air hangat,cara membuat wedang ronde,bahan wedang ronde,asal mula wedang ronde.


 karena bahan - bahannya kebanyakan di dominasi dari rempah- rempah,di indonesia kan terkenal dengan hasil rempah- rempahnya yang beraneka ragam,sehingga banyak negara asing ingin menguasai Indonesia.
Namun dengan seiring perkembangan jaman dan tehnologi, adat istiadat,minuman wedang ronde ini bisa kita nikmati kapanpun kita mau,karena banyak sekali para pedagang mencoba keberuntunggannya dengan berjualan wedang ronde ini.
Karena selain gampang bahan dan penyajiannya wedang ronde ini banyak di gemari orang,apalagi masyarakat jawa pada umumnya khususnya daerah solo dan jogja,yang sangat kental dengan budaya kerajaannya.
Bahan apa saja yang kita butuhkan dalam pembuatan wedang ronde? Untuk bahan dalam pembuatan wedang ronde yang harus kita siapkan antara lain:
1.tepung ketan     150 gram.
2.garam            secukupnya.
3.air suam- suam kuku 150 cc.
4.pewarna merah dan hijau.  secukupnya.



Kuah :
1.air.                      750 cc
2.gula jawa               200 gram
3. Jahe ( memarkan)         gram.
4.garam.                    Secukupnya.
5.cengkeh                4 buah.
6.merica bulat           1/2 sedok teh
7.daun pandan         2 lembar
8.serai memarkan      1 batang
jenis minuman air hangat,cara membuat wedang ronde,bahan wedang ronde,asal mula wedang ronde.

setelah bahan untuk pembuatan wedang ronde yang kita butuhkan terpenuhi semuanya ,marilah kita menuju untuk cara pembuatan wedang ronde khas Indonesia.
adapun caranya sebagai berikut :
  • aduk rata tepung dan garam,tuangi air hangat sedikit-sedikit diaduk sampai tidak melekat pada tangan,lalu bagi adonan menjadi tiga bagian
  • kemudian satu bagian adonan di biarkan berwarna putih,2 bagian yang lainnya masing- masing  berwarna hijau dan merah,bentuk bulat- bulat sebesar kacang tanah dan langsung rebus dalam air yang sudah mendidih sampai terapung,lalu angkat tiriskan dan siram dengan air dingin agar tidak melekat.
kuah ,untuk kuah ini rebus bahan untuk kuah yang telah saya sebut diatas tadi diatas api kecil( lebih bagus pakai bara api yang bisa dapatkan dari arang ,karena rasanya akan lebih nikmat dibandingkan dengan memakai kompor gas.rebuh bahan kuah sampai mendidih angkat dan saring,dan selesai sudah wedang ronde khas indonesia buatan kita,
jenis minuman air hangat,cara membuat wedang ronde,bahan wedang ronde,asal mula wedang ronde.
hidangkan selagi panas dan ditemani dengan gorengan sepert ubi goreng,pisang goreng,tahu goreng atau yang sejenisnya asal dalam keadaan yang hangat semua makanan tadi,akan menambah special wedang ronde bikinan kita.


manfaat dari wedang ronde sendiri anatara lain:
  • menjaga stamina tubuh.
  • tidak akan mudah masuk angin
  • memperlancar peredaran darah
  • memghilangkan capek dan pegel di badan kita.
  • menghangatkan tubuh.
karena bahan - bahan dari wedang ronde ini semuanya terbuat dari bahan alami,jadi wedang ronde khas Indonesia ini aman di konsumsi oleh siapapun,ibu -ibu,lanjut usia maupun anak- anak,karena wedang ronde khas indonesia ini tidak ada efek sampingnya.demikan artikel ini admin bikin secara gamblang dan dari sumber yang dapat dipertanggung jawaban ke absahannya.