BIKIN PASPOR ON LANE


APAKAH anda akan berpergian keluar negeri,bila iya pastinya kita butuh paspor bukan untuk pergi keluar negeri,dan apakah anda sudah tau dengan syarat - syarat pembuatan paspor?kalau belum saya di sini akan membahas sedikit ,tata cara dan persyaratan pembuatan paspor untuk keluar negeri.dibawah ini adalah pengalaman pribadi nara sumber saya.saya cuma mencoba mempublikasikannya supaya bermanfaat bagi pembaca semuanya.




cara bikin paspor,syarat bikin paspor,biaya bikin paspor,tempat bikin paspor,cara bikin paspor indonesia,jenis paspor.
Mengurus surat-surat ke kantor pemerintahan selalu menjadi  ”bikin males” apalagi kalau ngurusnya pake jalan yang benar tanpa suap-suapan. Begitupun dengan saya, dua kali saya membuat dan memperpanjang paspor saya sebelumnya saya selalu menggunakan jasa calo untuk mempermudah dan mempercepat prosesnya. Dan memang waktu itu, jika kita tidak menggunakan calo, ya jadinya bakal lama dan dipersulit.

Namun kemarin, saya memutuskan untuk memperpanjang paspor saya sendiri tanpa menggunakan jasa calo. Kenapa saya berani?
- Dari cerita beberapa orang baik yang saya dapatkan melalui google, blog dan sebagainya katanya sekarang sudah bisa memperpanjang paspor di mana saja. (kalau dulu dengan KTP Purwakarta saya arus membuat dan memperpanjang di kantor imigrasi Karawang)
- Katanya sekarang kita bisa mendaftar secara online untuk menghindari calo, dan dengan mendaftar secara online kita bisa menentukan sendiri kapan kita mau datang untuk wawancara dan foto
- Katanya juga, memperpanjang paspor sekarang bisa selesai dalam waktu 1 hari.
- Katanya tanpa calo sekarang sudah sangat mudah.

Apa benar???? Mari kita buktikan.. (Untuk kasus saya, proses ini merupakan perpanjangan paspor. Oya, untuk aplikasi online ini masih tahap percobaan yang hanya bisa dilakukan di kantor Imigrasi JAKARTA PUSAT dan BARAT)
1. Saya mendaftar online melalui http://www.imigrasi.go.id/  (klik disini)
Masukkan data-data yang diperlukan secara benar (Tanpa perlu menyertakan dokumen apapun)
Pilih tanggal dan jam kapan kita mau di wawancara dan di foto (terdapat beberapa pilihan jam, masing-masing jam hanya disediakan 10 slot untuk membatasi)
Kita akan mendapatkan email konfirmasi yang harus di PRINT dan di BAWA pada saat kita datang ke kantor imigrasi.

2. Datang sesuai dengan waktu yang tertera di surat konfirmasi.Jangan terlambat. Lebih cepat lebih baik karena mungkin banyak orang yang datang lebih pagi dari anda. Pengalaman saya, sesuai jadwal saya diminta hadir pukul 07.45. saya tiba jam 7 pagi ternyata sudah ada lebih dari 10 orang yang sudah datang.. untung saja semua dari mereka bukan pendaftar online.

3. Untuk pendaftar online tidak perlu ambil nomor antrian di pos satpam

4. Ambil Form Kuning di Koprasi yang terletak di belakang gedung imigrasi. Gak bayar sih, cuman mesti pake fotokopi KTP, kalau gak ada tinggal bayar 1000 buat ongkos fotokopi.

5. Datang ke konter informasi untuk di cek kelengkapan data dan fotokopiannya. Untuk semua fotokopian harus dalam bentuk kertas A4 (KTP or Paspor gak boleh dipotong). Dokumen asli juga mesti dibawa. Kalau sudah lolos cek pertama ini, kita bisa duduk menunggu panggilan.

6. Pendaftar online diberikan kesempatan dulu dipanggil dan di cek datanya di Loket 1-4 di lantai bawah. Kalau sudah di verifikasi disini kita akan mendapatkan nomor antrian.

7. Setelah dapet nomor antrian, naik aja ke lantai atas untuk melakukan pembayaran di loket kasir. Semua akan dipanggil berdasarkan nomor urut, jadi gak udah berebutan.. Nomor urutnya muncul di tv dan melalui pengeras suara juga, jadi gak bingung.

8. Tunggu waktu interview dan foto melalui panggilan di layar tv dan pengeras suara.

9. Selesai Interview berati semua proses sudah selesai. Untuk yang di interview dan foto sebelum jam 12.30 siang, paspor bisa diambil dihari yang sama mulai pukul 15.30. untuk yang lewat dari itu baru bisa diambil besoknya.

Nahhhh… dari pengalaman saya kemarin, ngurus paspor di kantor Imigrasi Jakarta pusat melalui pendaftaran online sangat membantu dan cepat.. bahkan menurut saya, jauh lebih cepat daripada calo-calo yang ada..

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu :
Pilih jam wawancara dan interview yang paling pagi (jam 8 - 9 ) anda akan mendapatkan nomor urut antara 1 sampai 10. Sehingga kesempatan untuk diselak oleh calo-calo jadi jauhhh lebih sedikit.

Webiste nya imigrasi ini agak sedikit sulit dan lama, saya mencoba beberapa kali untuk daftar sempet gagal. jangan menyerah :) hehehe.. beberapa kali saya registrasi gagal karena katanya email sudah terdaftar sehingga gak bisa dipake ulang, padahal saya belom berhasil registrasi.. untung saya  punya beberapa email jadi tinggal ganti aja alamat emailnya.