KENALI GEJALA PELECEHAN SEKSUAL ANAK

Ayah bunda tak terasa anak anak kita sudah remaja ,di zaman yang serba canggih segala informasi maupun gambar dapat dengan mudah di akses dengan internet kita sebagai orang tua harus waspada dan harus terus mengawasi anak anak kita .
Pada era internet seperti sekarang ini kita harus sudah memberi tahu kepada anak anak kita pendidikan tentang seksual ,karena hal tersebut bukanlah hal yang tabu lagi seperti dulu .
Hal ini penting karena anak akan mengetahui tentang pengertian dan batasan batasan yang perlu di perhatikan dan juga yang boleh dilakukan dan yang di larang .



Bagaimana kita sebagai orang tua bisa mengetahui atau mengenali kalau anak kita mengalami pelecehan seksual .Berikut ini adalah gejala yang bisa kita lihat baik dari segi psikis maupun segi fisik .
Gejala dari segi psikis yang dapat ayah bunda kenali dan bisa di lihat di antaranya adalah ;

-berubahnya perilaku anak dalam kehidddupaan sehari hari diantaranya ;
1.Menjadi pasif
2.Pemalu
3.Menarik diri dari lingkungan sekitar
4.Menjadi sangat sensitif
5.Sering was was
6.Merasa ketakutan
7.Kelihatan lebih agresif
8.Selera makan berkurang

Adapun gajala fisik yang bisa ayah bunda lihat diantaranya adalah ;

1.Badan terlihat pucat 'lemah ,sakit ,pusing dan penurunan berat badan secara drastis
2.Kadang terhadap kasus tertentu bisa di sertai seperti ada memar ,keluhan nyeri di bagian tubuh lain
misal di alat kelamin

Bagaimana tindakan kita sebagai orang tua agar anak kita terhindar dari pelecehan seksual ,tindakan apa yang dapat ayah bunda lakukan ?
Tentu kita sebagai orang tua tidak ingin anak anak kita menjadi korban pelecehan seksual ,adapun langkah langkah yang dapat kita ambil antara lain adalah ;

1.Membekali anak dengan pendidikan agama yang kuat
2.Mendidik anak tentang perbedaan biologis antara perempuan dan laki laki
3.Memberi tahu batasan batasan interaksi dengan orang orang sekitar
4.Memberi tahu tentang situasi yang mungkin membahayakan misal ;melarang anak remaja berduaan di tempat sepi ,tertutup dan menerima ajakan orang asing
5.Menanamkan rasa malu untuk melanggar norma agama dan masyarakat
6.Mengingatkan anak untuk memberi perlawanan

Untuk kasus kekerasan pelecehan seksual kita bisa memberi dukungan kepada anak sudah berani mengungkapkan apa yang terjadi ,menunjukkan bahwa kita percaya penuh kepadanya ,meminta bantuan yang lebih tahu misal dokter maupun psikolog dan melaporkan kepada pihak yang berwenang seperti KPAI ataupun POLISI .