CARA MERAWAT GIGI BAYI SEHAT

Cara merawat gigi bayi sehat,setiap orang tua pasti pingin buah hatinya mempunyai tubuh sehat,riang,lucu,dan gigi yang putih rapi bersih,karena mempunyai gigi yang rapi dan bersih harus di mulai sejak kecil.

Bayi sehat,gigi sehat,gigi bayi,bayi tumbuh gigi,umur bayi tumbuh gigi,merawat gigi bayi,perangsang gigi tumbuh.
Gigi bayi pertama akan muncul pada usia 6 bulan ,biasanya gigi pertama muncul di bagian tengah rahang bawah,setelah itu  satu bulan sekali akan tumbuh gigi baru sehingga gigi anak akan lengkap ketika ia berusia 2,5 tahun.

Gejala buah hati tumbuh gigi antara lain :
  • Gusi bayi merah meradang.
  • Suka menggigit dan mengguyah sesuatu.
  • Suka menghisap  dan menguyah tangan
  • Pipi merah.
  • Mengeluarkan air liur.
  • Cepat marah dan gelisah.
Semua gejala diatas biasanya berlangsung tidak lama 2 atau 3 hari akan hilang seiring gigi muncul dari gusi.jadi para orang tua jangan kaget bila buah hati anda menggalami kejadian seperti diatas,biasanya juga di iringi dengan badan bayi panas,tapi kalau panasnya lebih dari 3 hari ,saya sarankan lebih baik segera bawa bayi anda ke dokter anak.

Apa yang membuat gigi rusak?pada umumnya yang menyebabkan gigi rusak adalah lapisan bakteri  ( plak ) yang menempel pada gigi,jika tidak di bersihkan secara teratur,plak akan bertambah banyak dan mengeras.
Bayi sehat,gigi sehat,gigi bayi,bayi tumbuh gigi,umur bayi tumbuh gigi,merawat gigi bayi,perangsang gigi tumbuh.
Keadaan ini bisa menyebabkan sakit gusi,gusi bengkak dan berdarah,serta dapat pula menggakibatkan gigi tanggal.
Gigi akan berlubang jika gula yang berasal dari makanan atau minuman menempel pada gigi,dan gula yang menempel tidak di bersihkan,bakteri dalam mulut akan mengubahnya menjadi asam,asam akan menyerang  gigi ,menimbulkan rasa sakit,menyebabkan gigi berlubang dan akhirnya tanggal.
Semakin lama gula menempel pada gigi,semakin parah kerusakannya,Bayi yang terus menerus  minum minuman manis menggunakan dari botol beresiko besar  mengalami kerusakan gigi.

Cara melindungi gigi bayi antara lain :
  • Bawa bayi anda ke dokter gigi dan periksakan gigi secara teratur..
  • Cuci tangan anda sebelum membersihkan gigi dan gusi bayi.
  • Jika memungkinkan beri bayi air susu ibu.
  • Sesegera mungkin ubah kebiasaan bayi minum dari botol dengan menggunakan gelas.
  • Jaga kebersihan sikat gigi.
  • Ganti sikat gigi secara teratur. 
Cara merawat gigi bayi sehat yaitu dengan cara sebagai berikut ,Anda perlu membersihkan mulut bayi paling sedikit dua kali sehari meskipun belum tumbuh giginya,caranya begini bungkus jari anda dengan kain atau kasa bersih,celupkan kedalam air  bersih, dan gunakan untuk membersihkan mulut bayi.

Bayi sehat,gigi sehat,gigi bayi,bayi tumbuh gigi,umur bayi tumbuh gigi,merawat gigi bayi,perangsang gigi tumbuh.
Begitu gigi pertama tumbuh,anda bisa mulai membersihkannya dengan sikat gigi kecil berbulu lembut dan sedikt pasta gigi.sikat gigi dan gusi bayi dua kali  sehari,termasuk sebelum anda menidurkannya.demikian Cara merawat gigi bayi sehat.semoga bermanfaat.