JENIS NUTRISI YANG PENTING UNTUK IBU MENYUSUI

ASI ( air susu ibu ) merupakan makanan utama dan pokok bagi bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan.oleh karena itu adabaiknya bagi ibu yang cerdas dan sayang sama anaknya ,berusahalah untuk memberikan kualitas ASI yang bagus,sedang kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang di konsumsi oleh ibu,berikut beberapa bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu menyusui,atau bagus untuk produksi ASI ibu.
makanan ibu menyusui,Asi,jenis makanan ibu menyusui,makanan khusus ibu menyusui,makanan pokok ibu menyusui.


makanan ibu menyusui,Asi,jenis makanan ibu menyusui,makanan khusus ibu menyusui,makanan pokok ibu menyusui.
  1. Protein hewani ,bahan - bahan makanan yang terdiri dari seperti,udang ,ayam,daging dan ikan adalah contoh bahan makanan yang kaya protein,sedang protein hewan ini berfungsi sebagai sel pembangun juga membantu meningkatkan ke cerdasan otak,maka dari itu sebaiknya ibu menyusui perbanyak konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung protein hewani.
  2. Protein nabati ,merupakan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan,kalau contoh sederhananya yaitu tahu dan tempe,selain harga yang murah dan terjangkau,protein nabati berfungsi sebagai membentuk  dan memperbaiki sel - sel ditubuh.juga protein nabati mengandung serat  makanan yang bagus untuk membantu melancarkan proses pencernaan.
  3. Sayuran hijau ,sayuran hijau banyak mengandung karoten  (pro vitamin  A ) kandungan beta karoten pada sayuran mencegah resiko penyakit kanker dan meningkatkan fungsi paru - paru,sayuran juga menggandung vitamin yang berfunsi sebagai antioksidan  untuk kekebalan tubuh.contohnya yaitu: bayam,singkong,bokcoy.
  4. Kacang-kacangan ,jenis ini  memiliki kandungan gizi yang tinggi,misal bahan makanan yang dari jenis kacang- kacangan yaitu kacang panjang,kacang kedelai,dan kacang merah,bahan makanan ini merupakan jenis makanan yang banyak sumber vitamin,mineral,dan serat yang baik,bahannya pun dengan harga murah dan mudah untuk di dapatkan.
    
makanan ibu menyusui,Asi,jenis makanan ibu menyusui,makanan khusus ibu menyusui,makanan pokok ibu menyusui.
Demikianlah jenis nutrisi yang penting untuk ibu menyusui,bahan - bahannya pun dengan mudah bisa kita dapatkan,harganya pun cukup ekonomi,daripada ibu menyusui harus konsumsi berbagai bahan yang di produksi dari pabriknya,lebih baik mulai sekarang konsumsi makan yang alami saja,yang tidak banyak efek sampingnya,dan bagus untuk masa tumbuh bayi kita.

Buat apa kita harus mengeluarkan bnayak uang kalau yang murah dan aman juga ada ,pastinya semua orang tua khususnya ibu ingin memberikan yang terbaik bagi bayinya,jadi berikanlah yang terbaik kepada bayi kita dengan jalan konsumsi makanan - makanan atau jenis nutrisi yang baik untuk ibu menyusui,supaya si ibu bisa memberikan ASI kepada buah hati dengan kualitas Asi yang terbaik.
bersumber dari  Budi utomo,s.pd  konsultan gizi kita.